Bupati Bekasi Resmikan Taman Tematik Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA)

Kabupaten Bekasi selain mempunyai Taman Sehati kini mempunyai Taman Tematik lainya yaitu Taman Tematik Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). Taman tersebut terletak di Jalan Cisanggiri Raya Komplek Perumahan Graha Asri, Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Bekasi, Jawa Barat, 17530. Taman tematik ini diresmikan oleh Bupati Bekasi Rabu, 12/02/2020.

Kedatangan Bupati Bekasi disambut tarian “meraih bintang” oleh anak-anak pegiat seni tari. Yang kemudian Ibu Camat Cikarang Timur ikut menari bersama sehingga Bupati Bekasi dan anggota DPRD beserta jajarannya juga melakukan tarian “meraih bintang”. Tarian tersebut sebagai kejutan Bupati Bekasi yang merayakan ulang tahun ke-47. Selain itu pada acara peresmian tersebut menghadirkan tarian tradisonal lainnya. Salah satunya Tari Ronggeng Peken dari sanggar Puspa Cimandiri.

Pada kesempatan itu dihadiri oleh Bupati Bekasi H. Eka Supriatmaja, S.H., Drs. Hj Ani Gustini, M.M., Camat Cikarang Timur, DPRD Kabupaten Bekasi Dapil 6, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Asisten Kepala Perangkat Daerah, Lurah dan Kades Kecamatan Cikarang Timur, Kepala Sekolah SD, SMP, SMK/SMA Cikarang Timur dan para tamu undangan lainnya.

Ani Gustini mengatakan, “Alhamdulilah hari ini RPTRA diresmikan dan sesuai dengan permintaan masyarakat dari musrenbang untuk Taman Tematik Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). Dari tadi pagi anak-anak sudah tidak sabar untuk menikmati taman tersebut. Harapannya mudah-mudahan taman tematik ini bisa bermanfaat bagi masyarakat”, ungkap Camat Cikarang Timur.

Ketua Panitia Penyelenggara oleh Kepala Dinas Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi menyampaikan, “Bahwa Taman Tematik Ruang Publik Terbuka Ramah Anak Ini bersumber dari APBD 2019 sebesar Rp. 1.883.329.785 dengan luas 4200 meter persegi berkategori taman aktif yang berarti bisa dinikmati dan terjun langsung didalamnya. Rinciannya taman ramah anak taman serbaguna ini dilengkapi arena bermain, ada bermain olahraga, basket, volley, skateboard, panggung pentas untuk anak-anak, berkolaborasi dengan perangkat daerah diskominfo yang menyediakan wifi. Dari dinas perpustakaan dan arsip yaitu mengadakan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) kios literasi, disiapkan juga mobil perpustakaan keliling, dan dinas pendidikan juga telah berkolaborasi bahwa taman tematik ini akan digunakan oleh anak-anak sekolah pada saat hari kerja maupun libur. Sehingga taman ini akan terus aktif terisi dan tidak mubazir,” jelas ia.

Eka Supriatmaja selaku Bupati Kabupaten Bekasi memaparkan, “Alhamdulilah kita sudah membuat satu lagi taman untuk masyarakat. Saya berharap taman ini bisa dipergunakan dengan baik oleh masyarakat. Mari kita jaga bersama-sama, jangan sampai hanya mampu membangun tapi tidak mampu menjaganya”, pungkasnya.