Menu Click to open Menus
Home » Berita » Mendunianya Perpustakaan Kuda Gunung Slamet

Mendunianya Perpustakaan Kuda Gunung Slamet

(705 Views) October 23, 2015 6:13 pm | Published by | No comment

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa ada sosok pahlawan yang memeperjuangkan dunia pendidikan dengan mengajak anak anak di daerah gunung Slamet agar menyukai membaca. Pahlawan tersebut bernama Ridwan Sururi, dengan bermodalkan kuda dengan tas yang di gantungkan pada pelana kudanya.

Perpustakaan Kuda Gunung Slamet

Media online asing mencium kehadiran pahlawan pendidikan ini dan turut memberitakannya, seperti AOL,MSN, Huffington Post dan MalayOnline. Pria yang akrab dia sapa Ruri ini berkeliling dengan membawa buku-buku local dan buku berbahasa inggris. Dengan usianya yang sudah 42 tahun memiliki niat yang sangat mulia, yakni berharap dengan adanya perpustakaan keliling ini bisa mendorong anak anak agar lebih gemar membaca dan menambah pengetahuannya. Hal tersebut dilansir oleh Reuters tanggal 22 Oktober 2015.

Ruri berkeliling dengan kudanya dengan membawa buku gratis tiga kali dalam seminggu. Ruri berpikir bahwa jika menggunakan Luna (nama dari kudanya), anak anak akan lebih tertarik disbanding dengan menggunakan kendaraan, ditambah lagi dengan medan yang tidak selalu baik.

Dengan membaca tentu akan membuat minat mereka akan menambah wawasan dan pengetahuan akan semakin tumbuh. Ide yang dimilikinya ini merupakan ide baru yang membuat para anak anak rajin membaca tanpa harus mengakses ke perpustakaan. Dan beliau pun tidak bekerja sendiri, Ruri mengakui bahwa buku buku yang dia dapatkan merupakan hasil dari sumbangan dari para donator yang ikut membantunya mensukseskan perpustakaan kudanya.

Tentunya hal itu sudah terbukti, salah satu contohnya adalah Febriyan Eko Wiyanto yang sangat senang akan adanya perpustkaan kuda dan sangat membantu dalam pengerjaan pekerjaan rumahnya dari sekolahnya.  Dan bagi Neng Suryani menanggapi perpustakaan kuda dengan sangat bahagia dikarenakan anak tersebut tidak memiliki biaya untuk menyewwa buku dari perpustakaan, namun dengan adanya perpustakaan kuda membuat dia bisa menambah wawasannya dengan gratis.

Semoga saja dengan adanya perpustakaan kuda yang gratis ini membuat anak anak yang saat ini memiliki tingkat melek huruf cukup tinggi lebih memilih membaca ketimbang menonton televisi.

Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Mendunianya Perpustakaan Kuda Gunung Slamet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'