Kunjungi Instalasi Kompos EJIP, Anak-anak SD Midori Dapatkan Banyak Pengetahuan

EJIP, publikjurnalistik – Instalasi Kompos EJIP yang terletak di Kawasan Industri EJIP, Sukaresmi, Cikarang Selatan, Kab, Bekasi mendapatkan kunjungan dari anak-anak SD Midori, Rabu (16/10/19). Ini merupakan bagian dari Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, mereka mendapatkan banyak pengetahuan dari EJIP sebagai pengelola kawasan industri, tentang menjaga lingkungan agar bebas dari sampah, cara pemilahan sampah, cara mengelola sampah menjadi pupuk kompos.

Juga diajarkan agar mereka mencintai lingkungan dengan menanam tanaman, baik bunga, tanaman non buah maupun buah-buahan yang bisa dipetik hasilnya.

Kegiatan berlangsung dari pukul 8.30 – 12.00 WIB, diawali dengan sambutan dari Presdir EJIP, Hideyuki Terajima, pembekalan tentang kepedulian kita terhadap sampah yang akan berdampak pada masa depan dunia. Disampaikan oleh Pak Nasikhun, berlangsung di Gedung EJIP CENTER.

Dilanjutkan dengan kunjungan ke pembibitan tanaman yang dipandu oleh Pak Ngatiman, di area ini terdapat banyak tanaman bunga dalam pot. Beliau berpesan agar anak-anak menjaga alam dengan mencintai tanam-tanaman.

Dan lokasi paling akhir yang dikunjungi anak-anak SD Midori adalah Instalasi Kompos EJIP yang juga tempat pengolahan air limbah pabrik / Water Treatment and Environmental Control, masih berada di Kawasan Industri EJIP.

Di tempat tersebut, anak-anak mendapatkan penjelasan dari Pak Nasikhun, tentang pengelolaan air limbah dan pengelolaan limbah sampah menjadi kompos. Serta ditunjukkan beberapa tanaman dengan kompos dari hasil pengelolaan Instalasi Kompos EJIP.

Bu Noviawati, Ketua Rombongan/Ketua Yayasan SD Midori mengatakan bahwa kegiatan anak-anak di EJIP sangat bermanfaat dan mendapatkan banyak pengetahuan.

“Terima kasih kepada EJIP, yang telah memberikan kesempatan kepada kami, banyak sekali yang kami dapatkan, dari cara membuat kompos, ternyata sangat simple dan yang bisa kita aplikasikan di sekolah. Bahkan anak anak mendapatkan pengetahuan tentang pengolahan air limbah,” katanya.

Selama kunjungan dan pembelajaran, anak-anak didampingi oleh para guru dan Kasie CSR EJIP, Muhamad Saidi. Acara berakhir di Instalasi Kompos EJIP, melihat proses pembuatan kompos, penyerahan kompos dan tanaman untuk SD Midori, foto bersama dan makan siang bersama. (khan)