Pernahkah Berfikir

Pernahkah Berfikir

Pendidikan adalah suatu hal yang menentukan sebuah bangsa itu maju atau mundur. Pendidikan menjadikan sebuah generasi lebih terlihat seperti manusia atau mungkin lebih terlihat secara hewani.

Setiap tahun ratusan bahkan ribuan sarjana lulus dengan berbagai macam penelitiannya. Ada sebuah pertanyaan kemanakah penelitian tersebut, terimplementasi kemana?

Apakah menurut kalian pendidikan saat ini sudah menjadi lebih baik? Sebagian besar mungkin mengatakan pendidikan kita ada yang salah.

Dan sekarang ada sebuah pertanyaan. Bagi mereka yang sedang mengambil S1 atau mungkin S2 dan S3. Apakah kamu merasa lebih pintar dari kamu setahun yang lalu?

Kenyataan. Banyak sekali diluar sana secara gelar sudah banyak. Akan tetapi mohon maaf otaknya tidak sesuai dengan gelar mereka. Kenapa?

Pendidikan kita adalah ilusi. Mengapa. Karena semua siswa dan siswi sudah terprogram oleh tenaga pendidik mereka. Sewaktu sekolah dulu. Apakah kalian berani menjawab soal ujian dengan jawaban yang menurut kalian benar tapi tidak sesuai dengan buku. Dan 99% akan menjawab tidak berani. Mengapa. Karena kalau tidak sesuai dengan buku akan mendapat nilai yang jelek dan tidak lulus.

Padahal manusia yang cerdas adalah bukan manusia yang pintar menghapal. Manusia yang cerdas adalah manusia yang berani mengemukakan pendapat dan berani berkreasi. Dan bukan berarti menghapal itu tidak penting. Cara pendidikan yang benar, berikan poin-poin agar mereka berpikir menggunakan kreativitasnya masing-masing.