Rumah Zakat Adakan Training Pengelolaan Keuangan Untuk PM Ekonomi Tanjungsari

Tidak hanya memberikan batuan modal dan sarana usaha secara berkesinambungan, Rumah Zakat juga memberikan fasilitas gratis berupa training, salah satunya training tentang manajemen keuangan untuk para UKM.

“Manajemen keuangan ini sangat penting bagi pelaku usaha, termasuk usaha kecil menengah, jika tidak memiliki manajemen keuangan yang baik, maka usaha sulit untuk berkembang dan sulit untuk mengetahui perkembangan usaha yang sudah dijalani,” demikian disampaikan Hafidz Faidillah, mentor yang mengisi training.

Agenda berlangsung Rabu (18/9/19) sore di Gedung Serbaguna, Kp Panjang RT08 / 04 Desa Tanjungsari, Cikarang Utara, Bekasi. Hadir 2 dari 3 penerima manfaat bantuan ekonomi Rumah Zakat yaitu : Bunbun Badrullaela (Teh Daun Tin), Mumun (Pedagang Nasi Uduk), sedangkan 1 orang PM lagi yaitu Sanip (Budidaya Entok) berhalangan hadir.

Hafidz yang juga merupakan owner Warung Kita, sebuah badan usaha milik masyarakat yang sudah mulai berkembang, berpesan agar setiap transaksi dicatat dalam pembukuan, termasuk modal usaha dan laba usaha, serta rencana pengembangan usaha, stategi dan lain-lain.

“Ketika kita sudah mulai melakukan pencatatan keuangan (pembukuan) maka kita dapat melihat fluktuasi keuangan usaha kita, kapan harus memperbanya daganga dan kapan waktunya harus menahan untuk menjual dengan skala besar,” lannjutnya.

Kegiatan training manajemen keuangan berlangsung dari jam 16.30 – 17.45 WIB. Berjalan interaktif, para peserta memberikan pertanyaan seputar materi trening sehingga lebih jelas. (khan)