Menu Click to open Menus
Home » Berita » Bandara di Timika Tutup Akibat Kiriman Asap

Bandara di Timika Tutup Akibat Kiriman Asap

(981 Views) October 19, 2015 12:41 pm | Published by | No comment

Bencana nasional tentang kebakaran hutan masih belum juga bisa di tanggulangi sampai saat ini. Meskipun bencana tersebut sudah mendapat bantuan dari Negara tetangga seperti Australia dan Malaysia, namun tetap saja belum bisa dipadamkan dikarenakan terlalu banyak titik api yang harus di padamkan. Dan tentunya hal tersebut sangat merugikan berbagai pihak, bahkan saat ini Bandara Timika Papua pun sudah 3 hari tidak beroperasi sebagaimana mestinya dikarenakan kebakaran hutan tersebut.

Bandara di Timika Tutup Akibat Kiriman Asap

Bandara Mozes Kilagin, Timika Papua ini tidak bisa beroperasi dikarenakan jarak pandang yang hanya 500 meter sedang Menteri Perhubungan menyatakan bahwa jarak pandang minimal 1500 meter atau 1,5 kilometer.

Maka dari itu bandara yang memiliki 2 penerbangan yakni Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia tidak bisa beroperasi dengan lancar. Yang mampu membawa penumpang 400 sampai dengan 500 perhari nya. Selain itu ada beberapa pesawat kecil lain yang sering kali menggunakan bandara tersebut seperti fast air dan yang lainnya. Jarak pandang tersebut sangat berbeda jauh dengan beberapa hari lalu yang memiliki 2600 meter.

John Rettob selaku Kadin Perhubungan, Komunikasi dan Informasi, mengatakan bahwa sampai saat ini keadaan masih tetap sama, belum ada perubahan. Asap yang pekat tentu sangat mengganggu kesehatan terutama pernafasan. Bisa terbayang oleh kita bagaimana pekatnya asap yang notabene-nya hanya menjadi kiriman dari pulau tetangganya.

Yang tentunya cukup merugikan baik dari pihak maskapai dan pihak bandara. Pemerintah terus berupaya dalam memadamkan titik api di area kebakaran. Bahkan sedang memproses ke jalur hukum beberapa perusahaan dan perorangan yang disinyalir membuka lahan dengan sengaja membakar lahan gambut tersebut.

Semoga saja bencana nasional ini dapat segera diatasi, dan tidak  berlama lama lagi sebelum pulau lain ikut mendapat kiriman asap yng sangat mengganggu. Terutama bagi anak anak yang saat ini sudah banyak yang terjangkit ISPA atau infeksi Saluran Pernapasan Akut. Hal tersebut tentu tidak baik jika terus terusan berlanjut.

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

No comment for Bandara di Timika Tutup Akibat Kiriman Asap

Leave a Reply