Antisipasi Bahaya Si Jago Merah, Warga PCH Latihan Pemadam Kebakaran

Antisipasi Bahaya Si Jago Merah, Warga PCH Latihan Pemadam Kebakaran

damkar copy

Cikarang, Publikjurnalistik – Untuk antisipasi bahaya si jago merah, warga perumahan Puri Cikarang Hijau ( PCH ) dan Puri Lintas Asih ( PLA ), Karangasih, Cikarang Utara, Bekasi mengadakan latihan pemadaman kebakaran. Simulasi latihan di adakan di area fasilitas umum PCH dan area terbuka pada Kamis ( 15/10/2015 ).

Doddy Sanjaya, salah satu warga PCH menyampaikan bahwa pencegahan kebakaran seyogyanya tidak perlu mengandalkan petugas, sebagai warga harus bisa juga mengetahui penanganan pemadaman kebakaran.

Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran ( Damkar ) Kabupaten Bekasi. Masing-masing RT mengirimkan warga sejumlah 6 oranh untuk diberi pelatihan oleh Damkar.

Pelatihan diawali dengan teori lalu praktek. Setiap warga praktek langsung cara memadamkan api secara tradisional ( memadamkan api dengan karung basah ) dan modern menggunakan Alat Pemadam Ringan ( APAR ).

Warga sangat antusias dalam pelatihan tersebut, biasanya pelatihan hanya di pabrik-pabrik, akan tetapi sekarang ada di perumahan. Harapannya dengan adanya pelatihan tersebut, warga sudah bisa mengantisipasi jika terjadi kebakaran. (zae/mk)