PK PMII STAI HAS Selenggarakan Pelatihan Kader Dasar (PKD)

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Sekolah Tinggi Agama Islam Haji Agus Salim (STAI HAS) Cikarang menyelenggarakan Sarasehan Kebangsaan dan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Yayasan Pusat Pendidikan Islam At-Taufiq Sukawangi, pada hari Jum’at-Minggu (25-28/07/2019).

Acara diawali dengan proses Screening bagi calon peserta PKD pada tanggal 20-21 Juli 2019, di Yayasan Pendidikan Islam Tarbiyatussibyan – Sukamantri. Pada screening ini calon peserta diuji kembali pemahamannya tentang materi-materi MAPABA (Masa Penerimaan Anggota Baru), dan hasil screening menjadi pertimbangan panitia untuk kelanjutan calon peserta mengikuti PKD.

Dengan mengangkat tema: “Membentuk Kader Ulul Albab yang Berpikir Komfrehensif, Bertindak Saleh Sosial dan Bekarakter Aswaja Annahdliyyah”. Tercatat ada 24 peserta dari berbagai Kampus di daerah Jawa Barat, seperti Bekasi, Karawang, Bogor, Bandung dan Tasik. Pelaksanaan diawali dengan Sarasehan Kebangsaan dan dilanjutkan dengan Pelatihan Kader Dasar (PKD).

Pelatihan Kader Dasar berjalan dengan baik dan lancar, Juanda Basyari Selaku Ketua PK PMII STAI HAS Cikarang, mengatakan bahwa PKD ini menjadi ajang pembelajaran bagi kader PMII agar menjadi lebih Militan dan bermental Baja.
“Dalam Narasi Sejarah, PMII Kabupaten Bekasi sudah menyelenggaran 3 kali PKD, dua diantaranya diselenggarakan oleh Pengurus Cabang, dan yang terakhir diselenggarakan oleh Komisariat, yaitu Komisariat PMII STAI HAS Cikarang.” Tandas Juanda.

Hal demikian selaras dengan Dedi Ambaryadi Ketua Cabang PMII Kab. Bekasi, ia mengatakn PKD yang diselenggarakan oleh PK PMII STAI HAS Cikarang, tidak boleh berhenti dipengurus yang sekarang, tapi terus dilanjutkan oleh pengurus yang selanjutnya dan oleh Pengurus Komisariat di kampus-kampus lain di daerah Kabupaten Bekasi.
“Hal ini selaras dengan Qoidah:
مُحَافَظَةُ عَلَى قَدِيْمِ الصَّالِحْ وَالْاَ خْذُ عَلَى جَدِيْدِ الْاَ صْلَحْ
Artinya: “memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik” Ujar Dedi

Syachrul F. Sunandar selaku ketua pelakasana PKD PMII STAI HAS 2019, merasa sangat bangga dan terkesan dengan semangat para peserta dalam melaksanakan PKD, “Sebuah kehormatan bagi saya karena diberi kepercayaan menjadi Ketua Pelaksana, dan menjadi saksi lahirnya para calon-calon pemimpin yang akan datang”

Ia juga beharap bahwa penyelenggaraan PKD tidak berhenti pada Pengurus Komisariat yang sekarang, tapi bisa menjadi budaya baik yang diteruskan oleh pengurus komisariat yang selanjutnya.

(AMA)