Menu Click to open Menus
Home » Berita » Demi Nafkahi Keluarganya, Kakek Ahmad Keliling Menjual Jasa Asah Pisau

Demi Nafkahi Keluarganya, Kakek Ahmad Keliling Menjual Jasa Asah Pisau

(2072 Views) October 16, 2015 10:30 am | Published by | No comment

Demi Nafkahi Keluarganya, Kakek Ahmad Keliling Menjual Jasa Asah Pisau

ahmad copy

Cikarang, Publikjurnalistik – Demi nafkahi keluarganya, Ahmad (63) sudah 4 tahun rela menggeluti profesinya menjual jasa sebagai tukang asah pisau keliling, di kawasan perumahan sekitar Lemah Abang, Cikarang, Bekasi.

Awalnya kakek dari 4 anak ini berkeliling di Jakarta, tepatnya di sekitar Pulogadung, karena sering diganggu jatah preman (japrem) dan faktor keamanan pada saat keliling. Ia memutuskan untuk pulang ke Kedung Waringin dan sudah hampir satu tahun ini berkeliling di sekitar Perumahan Graha Asri dan Graha Cikarang.

“Wilayah Cikarang sangat aman dan warganyapun ramah-ramah karena tahu agama kali ya pak ?,” pungkasnya saat ditemui Publikjurnalistik di depan Masjid Al Muhajirin, Graha Mattel, Rabu (14/10).

Sebelum menjadi tukang asah pisau keliling Ahmad pernah melakoni pekerjaan sebagai tukang becak di Galur, Cempaka Putih, Jakarta. Karena sering diadakanya penertiban becak oleh pemerintah, akhirnya Ahmad memilih bekerja di salah satu warteg di Pasar Asem, Jakarta.

Ketika itulah Ahmad terinspirasi untuk menggeluti menjadi pengasah pisau, karena setiap hari di warteg tersebut juga mengasah pisau yang tumpul dengan menggunakan manual grinding .

Saat ditanya tentang penghasilanya mengasah pisau, Ahmad menjawab ringan,”Cukup untuk beli dua sampai tiga liter beras perhari, tetapi yang penting halal pak.”

“Hasil dari asahan pisau Ahmad rapih dan tajam,” kata Roky salah satu pengguna jasa asah pisau warga Rt 02 Graha Mattel, Perumahan Graha Asri, Cikarang, Bekasi.

Dengan bermodal sepeda tua dan manual grinding Ahmad berkeliling dengan penuh harap ada yang memakai jasanya, tak jarang dalam sehari ia tidak dapat pelanggan, tetapi terkadang bila ada yang menyuruh membersihkan rumputpun siap dilakoninya, semata-mata karena tanggung jawabnya untuk memberikan nafkah yang halal untuk keluarganya.

Dengan hanya merogoh kocek Rp 5000,- pisau dapur anda sudah tajam lagi, dan tentunya bisa membantu sang kakek yang sudah berumur ini untuk menghidupi keluarganya dengan bekerja, bukan dengan meminta-minta. (Lutfi/mk)

Share this...
Print this page
Print
Categorised in: , , ,

No comment for Demi Nafkahi Keluarganya, Kakek Ahmad Keliling Menjual Jasa Asah Pisau

Leave a Reply