Menu Click to open Menus
Home » Berita » Litbang STAI HAS Cikarang Bersama LK2B Gelar Kajian Rutin Keislaman

Litbang STAI HAS Cikarang Bersama LK2B Gelar Kajian Rutin Keislaman

(70 Views) April 4, 2019 11:24 am | Published by | No comment

Cikarang, publikjurnalistik.org – Penelitian dan Pengembangan (Litbang) STAI Haji Agus Salim Cikarang bersama Lembaga Kajian Keislaman Bekasi (LK2B) menggelar Kajian Rutin Keislaman di Aula Kampus STAI HAS Cikarang Rabu, (03/05).

Hadir dalam acara tersebut Ketua STAI Haji Agus Salim Dr. H. Karyoto WS, Direktur Litbang STAI HAS Daan Dini Khairunida, Kepala Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Dadang Hermawan, MHI, Presidium LK2B Wahyudin sekaligus menjadi moderator dalam acara tersebut. Penulis Buku Politisasi Islam Makmun Rosyid sekaligus menjadi pembicara, Dosen STAI HAS Cikarang Hapil Hanapi, S. Sy sekaligus menjadi pembicara dan sejumlah peserta dari Mahasiswa STAI Haji Agus Salim Cikarang dan peserta umum lainnya di sekitar Bekasi.

Direktur Litbang STAI HAS Daan Dini menuturkan, kegiatan bertema Islam Politik dan Politik Islam bertujuan agar Mahasiswa STAI HAS dapat bersikap dan tidak taqlid buta karena memiliki informasi yang valid. Tentang politik, mahasiswa harus bisa tegas menunjukkan identitasnya, apalagi sebagai mahasiswa islam sehingga tidak terjebak pada jargon-jargon politisasi islam.

“Yang terpenting bagi Mahasiswa STAI HAS kenapa kami mengusung tema ini, karena bertujuan untuk membuka pemikiran mahasiswa agar tidak terpaku dalam satu pandangan atau taqlid buta”, ujar Daan yang berprofesi juga sebagai Dosen STAI HAS tersebut.

Daan menambahkan, agenda ini akan terus kita laksanakan setelah pilpres usai. Kemungkinan di Bulan Ramadhan yang bertemakan tentang pendidikan dan keislaman.

Sementara, presidium LK2B Wahyudin NS, M.Pd.I., menjelaskan ini adalah followup dari agenda sebelumnya yang berorientasi untuk membuat dunia akademik menjadi wadah pengembangan literasi ilmiah Mahasiswa STAI Haji Agus Salim.

“Saya ingin membuka mindset Mahasiswa STAI Haji Agus Salim bahwa walaupun kita berada di Cikarang dunia akademik dan tradisi literasi ilmiah itu harus dikembangkan ya salah satunya dengan kegiatan hari ini”, papar Wahyu.

Ketua Prodi HES Dadang Hemawan, MHI sangat mengapresiasi acara kajian rutin keislaman ini. Menurutnya, acara-acara semacam ini penting untuk digelar sebagai pengingat kepada mahasiswa agar tidak menjadi mahasiswa kuliah pulang-kuliah pulang dan dapat membudayakan kajian-kajian keislaman.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini, harapan saya agar acara ini menjadi budaya Mahasiswa STAI HAS Cikarang dan tidak hanya kuliah pulang-kuliah pulang, tapi terus membuat dan mengikuti kegiatan ini yang tentunya untuk menambah khazanah keilmuan”, kata dia.

Karena dilaksanakan jelang pilpres, tema diskusi ini menemukan momentumnya dan berharap bahwa ini jadi catatan kritis. Salah satunya sebagai bagian dari generasi milenial, Mahasiswa STAI HAS yang juga sebagai generasi muda islam mampu berfikir objektif dan bisa melawan hoax.

Yang menarik ketika mengutip Makmun Rosyid, penulis 40 antologi dan 9 judul buku bertema keislaman ini mengatakan politisi kita banyak yang hanya mengikuti satu saja sifat nabi yaitu tabligh, tetapi belum bisa amanah dan siddiq sehingga tak heran jika politisi kita menjadi potret politisi korup.
Baginya, islam sebagai agama yang kaffah menyediakan semua perangkat dan landasan berfikir sebagai panduan bagi ummatnya, termasuk politik. Politik dalam islam itu penting tetapi bukan menjadikannya sebagai alat untuk mencapai kekuasaan. Fenomena sekarang banyak politisi mendadak menjadi ustad hanya untuk meraup suara rakyat.

Akhirnya, spirit diskusi semoga menjadi medan perjuangan untuk terus mengobarkan semangat berliterasi diharapkan juga mampu melestarikan budaya akademik di kalangan Mahasiswa STAI HAS dan kalangan milenial Bekasi pada umumnya.

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

Comment Closed: Litbang STAI HAS Cikarang Bersama LK2B Gelar Kajian Rutin Keislaman

Sorry, comment are closed for this post.