Dorong Pelaku Usaha Makin Berkembang, Rumah Zakat Salurkan Program Bantuan Usaha di Tanjungsari

Author: Share:

Di awal tahun 2019 ini, Rumah Zakat menyalurkan Program Bantuan Usaha melalui Relawan Inspirasi di Desa Tanjungsari, Cikarang Utara, Kab Bekasi.

Program yang digelontorkan di bulan Februari 2019 (Selasa, 18/2/19) adalah berupa bantuan sarana usaha dan modal usaha yang akan berlangsung selama periode satu tahun secara bertahap. Penerima bantuan adalah Mpok Bunbun Badrulaela dengan usaha teh daun tin, usahanya tersendat karena terkendala modal dan sarana usaha. Penerima bantuan kedua adalah Mpok Mumun, seorang janda yang gigih berusaha dengan berjualan nasi uduk, gorengan dan membuka warung kecil, keduanya merupakan warga Kp Panjang RT08/04 Desa Tanjungsari.

Penerima bantuan usaha yang ketiga adalah Bang Sanip, sehari-hari berjualan gorengan bersama istrinya, pernah berhasil beternak entog, menurutnya usaha ini mudah dan menghasilkan, karena di waktu lebaran banyak warga yang mencari entog untuk dipotong dan dijadikan hidangan. Sanip terkendala modal, sehingga terhenti. Sanip tinggal di Kp Kaliulu RT05/02.

Pemilihan 3 orang pelaku usaha ini melalui proses yang panjang, kriteria yang diutamakan adalah orang-orang yang memang berkeinginan kuat untuk maju dan berkembang, aktif dan mau bekerjasama.

“Saya optimis dalam 6 bulan kedepan sudah ada hasil, yang penting kita berusaha saja terus dan berdoa, juga mengikuti arahan dari Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasinya,” kata Bang Sanip.

“Alhamdulillah atas support dari Rumah Zakat, saya tidak mengira terpilih untuk mendapatkan bantuan usaha, Insya Allah dengan support ini mudah-mudahan kedepan kita semakin maju dan berkembang,” ujar Mpok Bunbun.

“Terima kasih atas bantuan dari Rumah Zakat, semoga semakin maju dan berkah,” doa dari Mpok Mumun.


Rumah Zakat, melalui Relawan Inspirasi telah melakukan banyak kegiatan di Desa Tanjungsari selama 2 tahun terakhir. Program yang dijalankan antara lain : bantuan bibit kambing peranakan etawa (17 ekor), 100 pohon tin, makanan tambahan untuk posyandu (1tahun), pembinaan anak-anak dan remaja (2tahun), support kegiatan majelis taklim dan pertemuan bulanan Paguyuban Ternak Kambing Etawa (PE), Kebun Gizi (caisim, cabe, tanaman obat), buka puasa bersama (100 paket), kado yatim (6 paket), bingkisan lebaran (3paket), bantuan bibit ikan nila (71 liter), pembagian kornet, support kegiatan senam pagi minggu emak-emak Kp Panjang.

Program tersebar di 6 RT, yaitu RT01, RT02, RT04, RT05, RT07, RT08 dan RT09. Belum semua tercover karena akses dana zakat yang terbatas. Rumah Zakat siap untuk bekerjasama dalam hal penyelesaian keterbatasan akses dana tersebut, baik dengan lembaga lain, CSR perusahaan sekitar maupun bumdes, jika memungkinkan.

Program Pemberdayaan Rumah Zakat ini berlangsung selama 3 tahun di 1 desa (Tanjungsari), Relawan Inspirasi melakukan pendampingan dan pengontrolan proses penyaluran program.

Dengan semboyan “DARI DESA MEMBANGUN NEGRI” Rumah Zakat akan terus berusaha untuk membuat desa-desa mandiri secara ekonomi, masyarakatnya berkarakter, soleh, rajin ibadah dan memiliki semangat untuk menularkan kesuksesannya ke orang lain di sekitarnya.

Share this...
Print this page
Print
Previous Article

Pembinaan Anak Juara DKM. AHM “Penyuluhan tentang NAPZA, Tidak Coba-Coba Yach”

Next Article

Dewan Pengurus Pusat Jawara Jaga Kampung (DPP JAJAKA) Menyatroni DPRD Kabupaten Bekasi

Lihat Berita Yang Lain