Menu Click to open Menus
Home » Berita » Optimalkan Fungsi Pemberdayaan Masyarakat, Rumahidroponik Gelar Pelatihan di BCL

Optimalkan Fungsi Pemberdayaan Masyarakat, Rumahidroponik Gelar Pelatihan di BCL

(1536 Views) October 11, 2015 11:46 pm | Published by | No comment

Optimalkan Fungsi Pemberdayaan Masyarakat, Rumahidroponik Gelar Pelatihan di BCL

hidropon

Cikarang, Publikjurnalistik – Dalam upaya mengoptimalkan fungsi pemberdayaan masyarakat, komunitas pecinta tanaman rumahidroponik menggelar pelatihan secara cuma-cuma di Jl Pandaswa 2 Perumahan Bumi Citra Lestari (BCL), Desa Waluya, Cikarang, Bekasi.

Peserta pelatihan sebanyak 50 orang tak hanya datang dari Desa Waluya, tapi juga ada dari Desa Hajamekar, Karang Bahagia dan Warung Bongkok.

Hafid, konsultan rumahidroponik mengatakan, kebaikan hidroponik sangat banyak diantaranya bernilai ekonomis, bersih dan tidak perlu lahan luas.

“Di rumah hidroponik bisa terbangun usaha ekonomis, banyak kelebihan menanam secara hidroponik yaitu bebas kotoran dan penyakit, tidak memerlukan lahan yang luas, penghematan pupuk, tidak memerlukan tenaga banyak dan banyak yang lain,” ungkap Hafid di Cikarang, Sabtu (10/10) sore.

“Disamping kelebihan juga ada Kekurangan: tanaman dapat gagal tumbuh jika sistem mengalami kegagalan, makanya perlu adanya pelatihan,” tutur kordinator bidang pemberdayaan masyarakat ini.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta langsung praktek memakai media yang ramah lingkungan seperti botol plastik bekas, gelas plastik bekas dan batu kerikil, jadi sekaligus edukasi ke masyarakat memanfaatkan sampah.

Karena antusias masyarakat Waluya dan sekitarnya begitu besar, pelatihan serupa akan dilanjutkan minggu depan kata kordinator acara Pardi.

“Berhubung waktunya cukup pendek dan peserta banyak, rencana Sabtu depan(17/10) akan dilanjutkan pelatihan lagi di tempat yang sama,” ungkapnya.

Dengan semakin sempitnya lahan untuk menanam sayuran, teknik penanaman hidroponik bisa jadi solusi. Mari kita budayakan dan ajak masyarakat untuk mengebangkan tanaman hidroponik. (Yoko)

Share this...
Print this page
Print

No comment for Optimalkan Fungsi Pemberdayaan Masyarakat, Rumahidroponik Gelar Pelatihan di BCL

Leave a Reply