Dimensi Tujuh Masa Perkuliahan

Author: Share:

 

Tujuan kuliahmu untuk apa. Coba sebutkan nilai kuliah apa yang membuatmu bangga. Mata kuliah apa yang kamu suka. Jika kuliah hanya deretan absensi dan ceramah basa-basi. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang bisa kamu ubah dengan kuliahmu, dirimu, lingkunganmu, bangsamu atau negaramu.

Terlintas dibenaku setelah pulang kuliah. Ditemani dengan segelas pop mie, pertanda ini tanggal tua. Sudah seyogyanya anak kost memupuk rasa sabar. Pertanyaan yang sering didengar kapan wisuda atau kapan nikah.

Harapanku kuliah ini tidak hanya mendapatkan selembar ijazah untuk melamar kerja ataupun membuat calon mertua bangga.

Apa gunanya pendidikan bila hanya membuat seseorang menjadi asing di tengah kenyataan persoalannya. Apa gunanya pendidikan bila hanya mendorong seseorang menjadi layang-layang ibu kota dan kikuk pulang ke daerahnya. (Rendra)

Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad. (Imam Al-Ghazali). Rasa syukur selalu tercurah karena sampai hari ini masih bisa melanjutkan kuliah. Sampai sekarang masih bisa diberikan kekuatan untuk bertahan semoga sampai wisuda diumumkan. Semoga kuliah ini adalah ladang ibadah. Semoga ilmu ini menjadi ilmu yang bermanfaat sehingga menjadi bekal menuju akhirat.

Belajar Nulis
Mualaf Literasi

 

Share this...
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Print this page
Print
Previous Article

Apakah Skripsi Menjadi Sebuah Tolak Ukur Kepintaran Seseorang ?

Next Article

Rasa Malas Membuang Berharganya Waktu

Lihat Berita Yang Lain