Menu Click to open Menus
Home » Berita » Rapat Pleno DPHP KPU Kab Bekasi, 153 Pemilih Baru Hilang?

Rapat Pleno DPHP KPU Kab Bekasi, 153 Pemilih Baru Hilang?

(197 Views) June 19, 2018 8:48 am | Published by | No comment

Cikarang, publikjurnalistik.org – Dalam rapat pleno terbuka Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) Pemilu 2019 di KPU Kabupaten Bekasi Ahad (17/6) , nampak pemandangan yang disampaikan oleh pihak Panwaslu Kecamatan (Panwascam) sekabupaten Bekasi atas pembacaan hasil rekapitulasi jumlah pemilih dan banyaknya TPS ditiap-tiap kecamatan.

Tiba penyampaian hasil rekap DPHP Kecamatan Cikarang Utara yang dibacakan langsung oleh Ketua Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan (PPK), Muhamad Nasarudin yang lebih dikenal dengan panggilan Bang Arul. Dalam rekapannya yang tertuang dalam berita acara bernomor 001-BA /PL. 03.1/3216.10/PPK.CIKUT/VI/2018, dari sebelas desa yang ada di wilayah Cikarang Utara ada satu desa yakni Desa Waluya yang tidak ada pemilih pemula atau pemilih baru.

Terkait data tersebut Panwascam Cikarang Utara menanyakan kepada PPK keberadaan pemilih baru di Desa Waluya bisa nihil. “Benarkah pemilih baru di desa tersebut kosong? ” tanya Yadi Suryadi salah satu anggota komisioner Panwascam. Menurutnya tidak mungkin dalam satu desa itu tidak terdapat pemilih baru baik pemilih pemula maupun lainnya.

Atas pertanyaan tersebut PPK menyebutkan ssbenarnya ada hanya belum dimasukkan ke dalam data pemilih sebanyak 153 yang terdiri 70 pemilih baru laki-laki dan perempuannya 83 orang. Karena belum belum dimasukkan ke data rekapitulasi maka perlu diperbaiki dan dipending dilanjutkan dengan pembacaan rekap kecamatan lain.

Kecamatan lain yang bermasalah terkait data juga terdapat di Kecamatan Tambun Utara. Antara data PPK dengan Panwascam berbeda akhirnya juga ditunda. Kecamatan Cikarang Utara selain hilangnya data pemilih baru juga ada koreksi di desa Wangunharja semula jumlaj odmilih baru perempuan 33 orang ternyata ada 37 orang yang menyebabkan pembuatan BA beberapa kali direvisi.

Secara keseluruhan tapat pleno tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh KPU Bekasi ini berjalan lancar hingga dampai pukul 16.30. Tercatat peningkatan jumlah pemilih pemula sebesar 26.565 terdiri dari 12.508 pemilih laki-laki dan selebihnya pemilih perempuan dan jumlah pemilih keseluruhan sebanyak 1.845.447 terdiri laki-laki 922.362 dan perempuan 923.085.

Berdasarkan pasal 9 ayay 3 PKPU 11/2018, penyusunan daftar pemilih dilakukan dengan membagi pemilih ke setiap TPS sebanyak tidak lebih 300 orang. (ys)

Share this...
Print this page
Print
Tags: ,
Categorised in: ,

Comment Closed: Rapat Pleno DPHP KPU Kab Bekasi, 153 Pemilih Baru Hilang?

Sorry, comment are closed for this post.