Menu Click to open Menus
Home » Berita » Manila dan Jakarta Layaknya Saudara Kembar

Manila dan Jakarta Layaknya Saudara Kembar

(1083 Views) October 4, 2015 1:36 pm | Published by | No comment

Manila dan Jakarta Layaknya Saudara Kembar

amanila

Manila, Publikjurnalistik – Manila dan Jakarta tidak jauh beda, layaknya saudara kembar, hanya saja ada beberapa hal mendasar yang berbeda. Inilah yang dirasakan kontributor publikjurnalistik Zaenuri, saat kunjungan kerja ke Manila, Philipina pada 26 September- 1 Oktober 2015.

Dari sisi lalu lintas, kemacetan salah satunya menjadi hal sama antara kedua kota. Namun yang membedakan kendaraan sepeda motor lebih sedikit dibanding Jakarta, warga Manila lebih banyak naik tranportasi umum, dan berjalan kaki menuju tempat kerja.

“Mobil dan motor sama persis merk dan tipenya seperti Jakarta, hanya saja untuk mobil bagian setir sisi kiri,” ujar Zaenuri.

Kendaraan umum di Manila bernama Zipper dengan kapasitas 20 orang, seperti minibus tetapi jendela terbuka. Dari sisi makanan, ayam dan hasil laut yang mendonasi. Selain daging sapi.

“Hati-hati jika memilih menu makanan, hindari Babi ( red Pork / Bacon ),” pesan lelaki muda yang selalu tampil rapi ini.

Kesan yang laing mendalam menurut Zaenuri, kedisiplinan warga Manila yang sangat baik, mengantri saat menunggu kendaraan umum, ditempat pemerintah umum dan fasilatas umum lainnya. Inilah hal mendasar yang membedakan tabiat umum warga Manila dan Jakarta.

Kapan ya warga negara kita Indonesia disiplin seperti mereka? (Zaenuri)

Share this...
Print this page
Print

No comment for Manila dan Jakarta Layaknya Saudara Kembar

Leave a Reply