Menu Click to open Menus
Home » Berita » PK PMII STAI HAS Cikarang Menyatakan Sikap Atas Aksi Teror di Surabaya

PK PMII STAI HAS Cikarang Menyatakan Sikap Atas Aksi Teror di Surabaya

(227 Views) May 15, 2018 5:01 pm | Published by | No comment

Cikarang Utara, publikjurnalistik.org – Kota Surabaya digegerkan dengan tiga ledakan bom di lokasi yang berbeda. Aksi yang keji tersebut dilakukan di Gereja Santa Maria Tak Bercela Jalan Ngagel Madya, Gereja Kristen Indonesia Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Jalan Arjuno dan durasinya pun hanya selisih 5 menit setiap kejadian. Minggu (13/05/2018).

Sebelum terjadinya ledakan tersebut, para jamaat gereja tengah melaksanaan kegiatan ibadah seperti biasanya, tanpa diduga terdengar ledakan yang mengejutkan para jemaat. Ledakan tersebut mengakibatkan 14 korban jiwa dan 41 lainya luka-luka. Pasca terjadinya ledakan bom tersebut, para jemaat mengamankan diri dan sejumlah aparat langsung turun ke lokasi.

Beberapa waktu yang lalu Aksi teror ini juga terjadi di Mako Brimob Depok. kerusuhan yang melibatkan aparat kepolisian dan napi terorisme tersebut juga menewasakan 6 anggota polisi.

Terkahir aksi teror kembali berulah yang berlokasi di Markas Kepolisian Resort Kota Besar (Mapolrestabes) Surabaya, Jawa Timur pada Senin sekitar pukul 08.50 WIB. dalam aksi ini memakan korban kembali berjumlah 10 orang, 4 dari pihak kepolisian dan 6 dari masyarakat sipil.

Menyikapi beberapa aksi teror tersebut kami yang tergabung dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam indonesia  (PMII) Komisariat STAI Haji Agus Salim Cikarang menyatakan sikap. Ketua PK PMII STAI HAS Cikarang, M. Harun Al Rasyid dan beberapa Pengurus Komisariat merumuskan sikap keluarga besar PMII STAI HAS Cikarang atas terjadinya aksi terorisme tersebut. Dan Isinya adalah sebagaimana berikut:

Berkaitan dengan terjadinya aksi terorisme yang telah mencabik-cabik nilai kemanusiaan yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia yang di antaranya adalah aksi terorisme di Mako Brimob dan pengeboman beberapa gereja di Surabaya dan yang terkahir di Mapolrestabes Surabaya, dengan sikap yang tidak berperi kemanusiaan menimbulkan korban jiwa, korban luka-luka dan juga teror keresahan dan kegelisahan masyarakat luas, maka dengan ini Keluarga Besar PMII Komisariat STAI HAS Cikarang menyatakan sikap:

Menyatakan belasungkawa yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa dan luka-luka yang diakibatkan oleh aksi terorisme yang tidak manusiawi dan biadab serta berbelasungkawa kepada keluarga korban. Mengecam dan mengutuk segala bentuk aksi teror atas nama apapun dan pihak mana pun yang berusaha menghancurkan persatuan dan kesatuan NKRI.

Mendukung peran pemerintah terutama aparat keamanan (POLRI maupun TNI) untuk menuntaskan kasus-kasus aksi terorisme yang terjadi di negeri ini secara serius dan jeli serta melakukan rehabilitasi terhadap korban dan keluarga korban.

Mendukung pemerintah untuk berperan aktif dan lebih tegas dalam penanggulangan radikalisme diberbagai sektor, terutama di bidang Pendidikan, karena ini sangat berpotensi sekali mengasilkan pemahaman yang radikal. Dengan cara mendorong peran aktif kampus-kampus yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Bekasi untuk mengembangkan pendidikan yang berorientasi terhadap nilai-nilai kemanusiaan, keberagaman, toleransi dan komitmen terhadap ke-Indonesia-an dan Islam yang ramah atau Islam Rahmatan Lil Alamin.

Share this...
Print this page
Print
Tags:
Categorised in:

No comment for PK PMII STAI HAS Cikarang Menyatakan Sikap Atas Aksi Teror di Surabaya

Leave a Reply