Megamendung Corak Batik Khas Cirebon Jawa Barat

Megamendung Corak Batik Khas Cirebon Jawa Barat

 

aahmad_

Batik merupakan kain tradisional Indonesia bergambar yang pembuatannya dilakukan secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan tersendiri.

Banyak jenis batik dengan corak dan warna masing-masing, perbedaan tersebut salah satunya karena sifat kedaerahan, salah satu batik yang terkenal misalnya Batik Cirebon.

Batik Cirebon mempunyai batik khas yang terkenal dan sekaligus menjadi ikon Cirebon adalah motif megamendung. Motif ini melambangkan awan pembawa hujan sebagai lambang kesuburan dan pemberi kehidupan.

Sejarah motif ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Cina di Cirebon, yaitu Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie. Motif ini memiliki gradasi warna yang sangat bagus dengan proses pewarnaan yang dilakukan sebanyak lebih dari tiga kali.

Salah satu wilayah pengrajin batik yang sangat terkenal yaitu Trusmi, Kabupaten Cirebon. Batik trusmi sangat dikenal sejak dahulu, dan saat ini batik sudah mendunia, penjualannya sudah memasuki fase online seperti di www.ebatiktrusmi.com milik salah satu pengusaha muda terkenal Sally Giovany.

Motif batik megamendung ini sering dipakai oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam setiap kesempatan resminya dan menjadi salah saru icon Jawa Barat.

Batik Indonesia sendiri diperingati setiap tahun, yaitu pada tanggal 2 Oktober. Selamat Hari Batik Nasional! (mk)