Menu Click to open Menus
Home » Onslide » Hijrah Dari Kehidupan Kelam, Hati Pak GUN Tertambat di Rumah Zakat Palembang

Hijrah Dari Kehidupan Kelam, Hati Pak GUN Tertambat di Rumah Zakat Palembang

(287 Views) January 12, 2018 12:02 am | Published by | No comment

| Kisah Inspiratif
Driver Ambulance Rumah Zakat Palembang

Raden Gunawan yang akrab disapa Pak Gun adalah seorang driver ambulans Rumah Zakat di Palembang. Pria berusia 53 tahun ini mengabdikan dirinya bersama Rumah Zakat sejak tahun 2007 di kantor Rumah Zakat yang masih beralamat di Jalan Angkatan 45 Palembang.

Hingga kini Pak Gun masih gagah melakukan perjalanan jauh, baik dalam kota maupun luar kota hingga lintas provinsi, untuk menjalankan amanahnya mengantarkan jenazah bagi mereka yang membutuhkan. Meski usianya sudah tak muda lagi, namun semangatnya mengalahkan yang muda.

Ditemui pada Senin (8/1/18), bertempat di kantor Rumah Zakat Palembang, Pak Gun menyampaikan bahwa profesi ini sangatlah mulia, ada banyak pengalaman penuh hikmah setiap kali ia menjalankan tugas mengantarkan jenazah ke tujuan. Profesi ini selalu mengingatkan padanya bahwa hidup ini tidak ada apa-apanya selain amalan diri selama hidup di dunia.

Ia juga terus termotivasi ingin membantu banyak orang disekitarnya melalui program Rumah Zakat. Ia merasakan kebahagiaan yang berbeda ketika yang kita bantu merasa senang dan bersyukur. Sehingga yang dirasakannya kini adalah keberkahan hidup dan kecukupan. Berbeda jauh dengan masa lalunya yang dikategorikan jauh dari mengenal Allah SWT.

Sebelum bergabung di Rumah Zakat, Pak Gun sudah menggeluti banyak sekali profesi. Di tahun 1993 pak Gun pernah bekerja sebagai Debt Collector Bank Bali di Jakarta selama lebih dari 3 tahun, lalu di tahun 1996 pak Gun merantau ke Lombok bekerja sebagai pengawas Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Telkom selama 2 tahun.

Di tahun 1998 ia pun kembali ke Jakarta bekerja sebagai Kepala Sales di salah satu perusahaan Finansial disana, namun hanya bertahan tak sampai 2 tahun. Tak hanya sampai disitu pak Gun selanjutnya merantau ke kota Medan, Sumatera Utara bekerja sebagai pengawas proyek pembangunan jalan dan hanya bertahan 1 tahun 2 bulan.

Pada tahun 2001 Pak Gun memutuskan kembali ke kota kelahirannya di Palembang, dan kembali berperan sebagai Debt Collector koperasi di salah satu percetakan besar saat itu. Ragam profesi pun sudah ia rasakan sampai akhirnya ia mendapat tawaran sebagai driver ambulans Rumah Zakat.

Inilah pintu hijrah yang membawa perubahan besar dalam kehidupan Pak Gun. Ia dirangkul untuk pelan-pelan mengerjakan Sholat wajib dari yang dulunya tak pernah sholat. Di Rumah Zakat inilah ia baru mengetahui jumlah rakaat sholat wajib dan rawatib, ia selalu diajak ke masjid, mengenal Sholat Dhuha, bersedekah meringankan beban saudara meski hanya dengan tenaga yang kita punya.

“Saya merasa hidup saya saat ini lebih barokah, karena berada dekat dengan orang-orang sholeh. Bisa merasakan kebahagiaan orang lain yang bisa kita bantu. Tidak seperti dulu, terasa banyak uang tapi seakan habis dimakan setan karena tidak barokah,” ujar Pak Gun sambil tertawa lebar saat diwawancarai pagi itu.

“Dulu juga saya ga pernah sholat, denger azan di masjid cuek aja, kaya ga ada apa-apa,” kata dia.

Apakah pilihannya untuk bergabung dengan Rumah Zakat sebagai driver ambulance mudah?

Ternyata TIDAK.

“Ada banyak hambatan, terutama penghasilan yang saya rasakan sangat kecil dan tidak mencukupi, hampir-hampir saya berhenti, tapi selalu ditahan oleh Branch Manager Rumah Zakat, Pak Irvan dan teman driver (alm.) Pak Legiman, untuk tetap sabar dan bertawakal,” kenang dia.

Alhamdulillah, saat ini menurut Pak Gun, hidupnya lebih bahagia, lebih tenang, lebih dekat dengan Allah SWT, hidup dengan penuh keberkahan. Bahkan sedikit-sedikit bisa nabung untuk beli keperluan keluarga.

Kisah dituturkan oleh : Raden Gunawan (Pak Gun), ditulis oleh Anisa & Mr.Khan

No comment for Hijrah Dari Kehidupan Kelam, Hati Pak GUN Tertambat di Rumah Zakat Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

'