Menu Click to open Menus
Home » Rumah Zakat » Study Banding of SOU

Study Banding of SOU

(239 Views) January 11, 2018 2:00 pm | Published by | No comment

Jakarta, (10/1) SD Juara IPC melaksanakan kegiatan studi banding ke School of Universe terletak di Parung, Bogor—18 Km sebelah selatan kota Jakarta.

Para guru, serta kepsek Bpk Rahmat Ilahi S. Pd,I dan team manajemen, yang berjumlah 15 orang  terdiri dari 7 pria dan 8 wanita berangkat dari sekolah jam 6.30 sampai di tujuan jam 09.00 begitu, sampai langsung di sambut oleh “team ronbenks percussion” dari sekolah tersebut , sungguh luar biasa dengan memanfaatkan alat alat yang ada di alam sekitar mereka murid murid bisa berimprovisasi memainkan beberapa lagu salah satu lagunya cublak cublak suweng. Dan team perkusi ini sudah menciptakan beberapa album dan sering diundang untuk tampil di berbagai event.

Selanjutnya kita disambut oleh kepala sekolah SD SOU ibu Maria serta jajarannya, kita diajak berkeliling, di mana sekolah ini  beliau bercerita berawal dari pendirian Sekolah Alam Ciganjur pada tahun 1998 oleh Konseptor Sekolah Alam : bpk Lendo Novo, School of Universe didirikan pada tahun 2004 dengan visi mendampingi setiap anak manusia untuk menjadi “pemimpin” di muka bumi dan memberi “rahmat” bagi sekalian alam. School of Universe adalah lanjutan dari tingkatan pendidikan dasar di Sekolah Alam Ciganjur, yakni Sekolah Menengah (SM) yang berusaha berinovasi menciptakan pengusaha muda berakhlak mulia, dengan logika berfikir yang baik, dan kepemimpinan yang hebat. School of Universe memberikan inovasi tentang “metode-metode pendidikan baru”, “moral bersama”, “nilai-nilai kehidupan baru” dan yang paling penting adalah pola-pola “perilaku yang baru”, serta memberikan peringatan tentang “perdamaian, keamanan, kesejahteraan dan kelangsungan “alam semesta”.

SOU Berdiri di atas lahan 1 hektar terdiri dari bangunan  mulai dari paling depan bangunan masjid, kantin, studio music , tu, perpustakaan , sarana komputer. Kurikulum yang dipakai gabungan kurikulum alam dan dikombinasi dengan kurikulum diknas.

4 pilar kurikulum sekolah alam yaitu : akhlaq, logika, leadership, bisnis.

School of Universe menawarkan lingkungan belajar yang positif, aktif (active learning) untuk anak-anak di dalam tahun-tahun penting perkembangan mereka. Dan yang diterima juga ada anak inklusi yang selalu didampingi shadow teacher.

Pendekatan yang digunakan dititik beratkan pada akhlaq, pembelajaran keterampilan hidup (life skill) praktis yang luas, yaitu bisnis, teknologi informasi dan komunikasi, apresiasi lingkungan, konsisten serta pengembangan kreativitas dan logika.

Bagi mereka yang mau berpikir, alam semesta adalah sumber pelajaran tanpa batas. Di School of Universe, para siswa dilatih untuk dapat “membaca” semesta dengan cara pandang utuh, menyeluruh. Khazanah semesta dibagi ke dalam tema-tema bahasan. Siswa kemudian belajar mengupas tema tersebut melalui semua cara pandang berbagai keilmuan. Sistem pembelajaran “spider web” ini akan membuat anak didik peka sekaligus terbuka dalam menyimak permasalahan dan mencari pemecahan yang total.

School of Universe disesuaikan dengan standar pendidikan di Indonesia, dengan semua fasilitator kelas (guru) minimal menyandang gelar Sarjana (S1).  Dalam pendidikan tingkat menengah (SMP-SMA) kurikulum dikembangkan dari integrasi Kurikulum Dasar (Basic Curriculum) yang mencakup Matematika, IPA (Kimia, Fisika, Biologi) dan Bahasa Inggris dengan Kurikulum Keterampilan Hidup (Life Skill Curriculum) yang berbasis pada Bioteknologi, Information-Communication-Technology (ICT) dan Trading House (Bisnis).

Seperti kata aristoteles “Di dalam segala hal yang ada di alam semesta ini, sesungguhnya kita bisa melihat banyak keajaiban. Maka kita bisa banyak belajar dari alam semesta ini ,Semoga kita bisa menjadi guru yang terus mau belajar dan kreatif “.(Yk)

 

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

No comment for Study Banding of SOU

Leave a Reply