Menu Click to open Menus
Home » Berita » Donasi Masyarakat Untuk Pembangunan MCK di Desa Sikakap

Donasi Masyarakat Untuk Pembangunan MCK di Desa Sikakap

(334 Views) November 16, 2017 1:47 pm | Published by | No comment

Sumatera. Dusun Mabolak, Desa Sikakap, Kabupaten Kep. Mentawai menjadi salah satu lokasi yang terpilih untuk pembangunan sarana air bersih berupa MCK (Mandi, Cuci, dan Kakus) umum. Pembangun ini merupakan bantuan dari para masyarakat untuk ketersediaan air bersih bagi warga di desa terpencil yang dikumpulkan melalui platform donasi Kitabisa.com yang mengamanahkan donasinya melalui Rumah Zakat. (16/11)

Daerah tersebut dipilih karena masih jarang masyarakat yang memiliki toilet sendiri. Adapun keberadaan MCK masih terbatas hanya di Masjid/Musholla saja yang dipergunakan oleh masyarakat umum. Jangankan sarana air bersih, listrik dan sinyal pun bahkan belum masuk ke wilayah tersebut.

Pembangunan MCK umum ini dibangun di wilayah Asrama Darul Ulum Sikakap karena di dalam asrama tersebut ada sekitar 50 santri yang menetap dan 8 Kepala Keluarga yang tinggal di sekitar wilayah tersebut. Selain itu setiap minggunya banyak masyarakat yang datang untuk mengikuti pengajian rutinan di Asrama Darul Ulum.

“Kegiatan pembangunan MCK yang dilaksanakan sejak akhir Oktober 2017 lalu, rencananya akan dibangun 2 toilet dan 1 tempat wudhu dengan ukuran 2,5 x 5 meter. Proses pembangunan yang sudah dilakukan yaitu penyediaan bahan bangunan, penggalian pondasi dan tiang MCK, dan pemasangan lobrik/batako,” tutur Nur Shyfa selaku penanggung jawab penyaluran Rumah Zakat.

Proses pembangunan sempat terhenti karena hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Sikakap akhir-akhir ini. “Pembangunan akan dilanjutkan pada hari Rabu (15/11) kemarin, sambil menunggu bahan-bahan bangunan yang sudah habis yang dikirim dari Padang,” tutupnya.

Share this...
Print this page
Print
Categorised in: ,

No comment for Donasi Masyarakat Untuk Pembangunan MCK di Desa Sikakap

Leave a Reply