KPU Kabupaten Bekasi Gelar Sosialisasi UU Pemilu

Author: Share:

Cikarang, publikjurnalistik.org – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar acara Sosialisasi Undang-Undang di Bidang Kepemiluan dalam rangka menuju pelaksanaan tahapan, program, jadwal dan anggaran Pemilu yang berkualitas di Hotel Horison, Jababeka Cikarang pada Rabu, 18 Oktober 2017.

Hadir sebagai Narasumber : Dr. Mardani Ali Sera, M. Eng (Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS Periode 2014-2019) dan Luki Firnandi (Kepala Biro SDM Setjen KPU RI).

Acara sosialisasi tersebut resmi dibuka oleh Jajang Wahyudin, S. Ag, M.Si (Komisioner KPU Kab. Bekasi Divisi SDM dan Hubungan Partisipasi Masyarakat.

Luki Firnandi menyampaikan bahwa tahapan Pemilu 2019 dimulai dari Periode Persiapan, Periode Penyelenggaraan dan Periode Pasca Penyelenggaraan.

Adapun Peraturan KPU yang telah ditetapkan yaitu PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dan PKPU Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai politik Peserta Pemilu 2019.

Guna meningkatkan partisipasi pemilih, KPU sudah melakukan sosialisasi melalui program Goes to Campus untuk Mahasiswa dan Pelajar (Pemilih Pemula), dan sosialisasi u/ Kaum Difabel serta membangun Rumah Pintar Pemilu (RPP) untuk mempermudah pelayanan Informasi Kepemiluan.

Sementara itu, Mardani Ali Sera memaparkan, Substansi UU Pemilu adalah sebagai sarana kedaulatan rakyat. Pemilu dihadirkan sebagai instrumen untuk memastikan adanya transisi dan rotasi kekuasaan berjalan demokratis.

Empat unsur pemilu meliputi Aktor (Penyelenggara, pemilih, dan peserta pemilu), Sistem pemilihan, manajemen pelaksanaan, dan penegakan hukum.

Mardani menyampaikan bahwa Pemilu Serentak PILEG dan PILPRES dilaksanakan pada Rabu, 17 April 2019. Jumlah Surat Suara ada 5 (DPR Kota/Kab, DPRD Prov, DPR RI, DPD RI, dan Presiden.

Pada penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019, jumlah keanggotaan PPK mengalami penyesuaian sebanyak 3 anggota dikarenakan surat suara dari TPS direkap langsung ke PPK untuk mempersingkat proses.

Sumber : Facebook KPUD Kabupaten Bekasi

Share this...
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Print this page
Print
Previous Article

Diduga Korban Tabrak Lari, ABG Meninggal di TKP

Next Article

Anak Muda Bekasi Dinobatkan Sebagai Peduli Sosial Indonesia 2016-2017

Lihat Berita Yang Lain

Leave a Reply