Menu Click to open Menus
Home » Berita » FAKTA atau HOAX: Heboh (Lagi) Resep Herbal Prof. Vikineswary

FAKTA atau HOAX: Heboh (Lagi) Resep Herbal Prof. Vikineswary

(6446 Views) December 26, 2015 2:50 am | Published by | Comments Off on FAKTA atau HOAX: Heboh (Lagi) Resep Herbal Prof. Vikineswary

Lemon

Publikjurnalistik-BELAKANGAN INI, sebuah pesan singkat tentang pengobatan herbal penyakit penyempitan pembuluh darah (artery blockge) sangat masif tersebar di masyarakat. Selain melalui email, penyebaran pesan tersebut juga via media sosial seperti Whatsapp dan Blackberry Messanger (BBM). Inti dari pesan tersebut diklaim bersumber dari seorang ilmuwan bidang Bioteknik dari negeri Jiran, Prof. Dr. Vikineswary Sabaratnam.

Bagi masyarakat umum, isi dari pesan massal itu terlihat sangat meyakinkan. Pesan berisi tentang suatu resep minuman dari sari buah lemon, jahe, bawang putih dan apel vinegar yang berkhasiat dapat melebarkan pembuluh darah vena jantung. Apalagi cukup banyak testimoni yang mengaku telah merasakan keberhasilan dari resep yang dianjurkan. Hal tersebut menyebabkan masyarakat di Malaysia bahkan Indonesia, sangat memercayai isi dari pesan tersebut. Bahkan sudah banyak yg membuat dan menjual resep herbal ini dengan skala kecil dengan harga Rp150 ribu per botol yang dapat digunakan selama 2 bulan.

Jika kita mencari tahu di internet, pesan tersebut sangatlah populer. Dan dari semua situs ataupun blog yang menyebarkan pesan tersebut, terlihat memiliki kalimat yang mirip satu sama lain. Sangat jelas kalau terjadi plagiasi atau copas (copy and paste) langsung. Berikut isi dari pesan terjemahan yang tersebar di Indonesia:

Bypass jantung..?
Kolesterol/darah tinggi..?
Tolong diteruskan kepada kolega atau teman2 anda:  (Mudah membuatnya sendiri)
Berguna melebarkan pembuluh darah Vena Jantung:
* 1 gelas sari / airLemon
* 1 gelas sari / air Jahe
* 1 gelas sari / air Bawang putih
* 1 gelas sari / air Apple Vinegar

Cara mengolahnya:
* Campur semuanya dan didihkan dengan perlahan-lahan (api kecil).
* Biasanya sekitar 1/2 jam, untuk menjadi 3 gelas.
* Saring dan biarkan menjadi dingin.
* Setelah dingin, tambahkan 3 gelas Madu alami, diadu  sampai merata dan simpan dalam botol.

Anjuran pakai:
* Minumlah 1 sendok makan setiap pagi sebelum sarapan.

Penyempitan/sumbatan pembuluh darah Vena akan terbuka. Sekarang tidak diperlukan lagi operasi Angioplasty atau Bypass… Tolong diteruskan kabar ini kepada orang yang membutuhkan…Semoga anda sehat selalu…

Salam,
Prof. Dr. S. Vikineswary.
Biotech Division Institute Biological Sciences University of Malaya.
50603 Kuala Lumpur, Malaysia

Walaupun begitu gencarnya,  nyatanya ada beberapa orang yang tetap meragukan isi dari pesan tersebut. Salah satunya adalah Subhash Ramboj, seorang Indian-Malaysian yang bahkan telah mengirimkan email untuk mengklarifikasi langsung ke Prof. Vikineswary, setelah mencari-cari identitas dari sang professor di internet. Melalui blog pribadinya, Subhash menjabarkan isi pertanyaan yang disampaikannya Maret 2011 silam serta tanggapan dari sang professor. Inti dari pertanyaannya adalah menanyakan kebenaran dari resep. Resep asli (berbahasa Inggris) yang diterimanya melalui emailpun turut disertakannya. Berikut ini capture tanggapan professor yang juga dosen di divisi bioteknik Institut Ilmu Biologi dari Universitas Malaya.

Presentation1Inti dari tanggapan beliau adalah sangkalan dari pesan yang beredar. Beliau menyatakan bahwa pesan tersebut tidak benar dan juga tidak bersumber dari dirinya. Dikuatkan lagi dengan pernyataan bahwa beliau memang bukan seorang yang ahli dalam bidang ilmu kesehatan (medical science). Melalui akun email resminya viki@um.edu.my, beliau menyarankan agar Subhash menyebarkan kebenarannya ke orang lain. Sangat disayangkan pesan tersebut masih beredar luas saat ini walaupun klarifikasi sudah banyak tersebar di internet. Kepada pembaca setia publikjurnalistik, harapannya dapat menyebarkan artikel ini ke masyarakat khususnya di Indonesia bahwa resep tersebut adalah hoax adanya dan lebih cerdas serta berhati-hati lagi saat menerima pesan-pesan yang beredar. (Ahmadun/dari berbagai sumber).

Categorised in:

Comment Closed: FAKTA atau HOAX: Heboh (Lagi) Resep Herbal Prof. Vikineswary

Sorry, comment are closed for this post.

'