Menu Click to open Menus
Home » Rumah Zakat » Borong dan Berbagi

Borong dan Berbagi

(235 Views) September 29, 2017 9:56 am | Published by | No comment

Jakarta, (28/09)Bu Inih adalah seorang wanita renta penjual opak di kawasan Condet. Beliau berasal dari Cirebon dan sekarang sudah tinggal di daerah condet bersama anak laki-lakinya yang sudah berkeluarga, tak jauh dari lokasi dagangannya. Diusia beliau yang menginjak 67 tahun, kesehariannya dihabiskan dengan berjualan dari pukul 17.00 wib-23.00 wib setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Walau keuntungan hanya berkisar 40 ribu rupiah perhari, tak menyurutkan niat beliau untuk membantu meringankan ekonomi keluarga.

Setiap sorenya sang anak yang hanya menopangkan hidup sebagai pengendara ojek online, membantu Bu Inih membawakan opak ke lokasi tempat beliau biasanya berdagang . Pekerjaan ini sudah Bu Inih tekuni lebih kurang 5 tahun lalu, saat almarhum suaminya yaitu Bapak Sarim mulai sakit-sakitan. 2 tahun terakhir beliau berjualan tetap di sudut toko parfum isi ulang, padahal sebelumnya beliau menjajakan jualannya keliling dengan meletakkan bakul di kepalanya dari pagi sampai malam hanya dengan bermodalkan kaki rapuhnya.

Jenis opak yang ditawarkanpun bervariasi yaitu mulai dari opak jawa, opak lebar, makaroni, bahkan emping. Semua sudah dikemas apik dan tinggal disantap oleh pembeli. Dijual dengan harga cukup ekonomis yaitu 10 ribu rupiah perbungkusnya. Berbagai doa baik terlontar dari mulut tuanya saat Relawan Rumah Zakat Jakarta Timur menyampaikan niat untuk memborong dagangan beliau. “Ribuan terimakasih saya ucapkan kepada Rumah Zakat atas bantuan yang telah diberikan” ungkapnya

Tak hanya itu, Relawan Rumah Zakat Jakarta Timur juga berkeliling membagikan opak yang telah diborong kepada penyanyi keliling, pemulung dan juga anak jalanan. Salah satu penerima manfaat yaitu Ibu Neneng. Beliau berprofesi sebagai pemulung dan berjalan kaki dari Ciliwung.

“Terimakasih karena telah berbagi dengan saya yang hanya seorang janda. Walau hanya berupa kerupuk, saya sangat senang menerimanya” ujar bu wina. (ule)

Categorised in:

No comment for Borong dan Berbagi

Leave a Reply