Menu Click to open Menus
Home » Rumah Zakat » Kenalan dengan Kanker

Kenalan dengan Kanker

(174 Views) September 28, 2017 3:34 pm | Published by | No comment

Rabu, (27/09)Langit mendung berawan menaungi SD Juara IPC hari ini , seperti biasa agenda kbm berjalan dengan baik hanya kali ini ada borju (bimbingan orang tua juara) yang dilaksanakan jam 13.00 di masjid Darul Yaqien, yang temanya tentang seluk beluk kanker. Karena penyakit berbahaya ini bisa menimpa siapa saja baik kaum hawa maupun kaum adam, tua maupun muda, jadi harus benar-benar dikenali agar bisa dihindari dan diobati jika terdeteksi sejak dini.

Acara dibuka oleh MC Syahrul dengan tilawah serta sambutan kepsek Rahmat Ilahi setelah itu langsung dilakukan penyuluhan mengenai bahaya kanker bagi manusia.

Penyuluhan tersebut dibawakan oleh Alvin Haris, Amd.Kes.  Materi yang disampaikan cukup singkat, padat dan jelas, hanya dalam waktu 1 jam sudah dipaparkan seluruhnya mulai dari definisi kanker, penyebabnya, dan bagaimana cara mencegah serta mengobatinya. Penyampaian yang begitu mengena sehingga terlihat wajah-wajah wali murid yang serius mendengarkan dan menyimak semua yang diterangkan oleh pemateri. Di ujung acara banyak pertanyaan yang diajukan oleh para orang tua.

Dalam penyuluhan tersebut diselipkan latihan untuk mendeteksi sendiri kanker payudara yang berlangsung hanya selama 5 menit. Meskipun sangat singkat, tp kegiatan ini insyaAllah memiliki manfaat yang besar untuk menyelamatkan diri dari keterlambatan menyadari yang sangat fatal akibatnya. Latihan deteksi kanker payudara  tidak hanya diikuti oleh para ibu tapi juga para bapak, karena pada kenyataannya laki-laki juga bisa terserang penyakit berbahaya ini meskipun kasusnya sangat jarang terjadi, tapi bisa saja jika dipicu oleh pola hidup dan makan yang tidak sehat.

Demikian penyuluhan tentang kanker ini berlangsung, semoga menjadi tambahan bekal ilmu pengetahuan kesehatan dalam memori kita, sehingga apa yang telah dipelajari hari ini bisa bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang di sekitar kita.(Yk)

Categorised in:

No comment for Kenalan dengan Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *