Menu Click to open Menus
Home » Rumah Zakat » Mengenal Personal Karakter Siswa Dalam Management Kelas

Mengenal Personal Karakter Siswa Dalam Management Kelas

(377 Views) September 25, 2017 1:56 pm | Published by | No comment

SD Juara Jakarta Timur binaan Rumah Zakat, mengadakan pelatihan guru dengan tema Personal Karakter dan Management Kelas. Rabu, (20/09) pukul 13.30 WIB s/d selesai.

Pemateri pelatihan ini adalah orang yang sudah tidak asing lagi, yang juga pernah mendapatkan prestasi Learning Suport Unit (LSU) terbaik, dari Indonesia Juara Foundation (IJF), yaitu Adhes Leoni Armikasari.

Tujuan dari pelatihan ini adalah, agar mengenal karakter siswa, sehingga dengan mengenal karakter tersebut, seorang guru dapat mengelola kelas dengan baik. Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan, agar menjadi penentu keberhasilan siswa ketika mereka besar nanti.

Dasar karakter berdasarkan Personality Tree ABCD, yaitu :

  1. A berarti Akar, yaitu kaku, tertutup, perasa, teliti, pintar dan berpendirian keras.
  2. B berarti Buah, yaitu terbuka, terlihat, ceria, optimis, dan menarik.
  3. C berarti Cabang, yaitu leader, kokoh, visioner, dan melindungi.
  4. D berarti Daun, yaitu hijau, sejuk, damai, terpengaruh angin, dan baik.

Dasar karakter tersebut dapat kita ketahui, dengan menjawab pertanyaan dari Personality Tree tersebut. Dan dari pertanyaan tersebut juga kita bisa mengetahui karakter siswa.

Dengan mengetahui karakter siswa, kita bisa memetakan siswa bagaimana cara mengajar dan menangani siswa sesuai dengan karakter siswa tersebut. Dan dari hal itupun kita bisa mengetahui kecerdasan masing-masing siswa.

“Guru harus mengenal karakter siswa terlebih dahulu, dan samakan pendidikan karater untuk semua kelas, agar pendidikan karakter yang kita inginkan di sekolah berhasil dengan baik,” tutur Adhes Leoni Armikasari.

“Pelatihan guru kali ini sangat menarik, dan mudah dipahami. Kebetulan sesuai dengan karakter siswa kelas III yang kinestetik. Semoga setelah mengikuti pelatihan ini, saya bisa mengelola managemen kelas saya, termasuk menguatkan pendidikan karakter peserta didik,” tutur Butet Sri Rochariyanti wali kelas III. (FM)

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

No comment for Mengenal Personal Karakter Siswa Dalam Management Kelas

Leave a Reply