Menu Click to open Menus
Home » Rumah Zakat » Sharing Knowledge and Happiness

Sharing Knowledge and Happiness

(420 Views) September 25, 2017 11:16 am | Published by | No comment

Langit subuh agak mendung ketika kami guru dan kepsek SD Juara IPC mengadakan perjalanan ke pulau Pari dalam rangka studi banding mengunjungi sekolah SDN 01 Pagi Pari pada tgl 20/9/17. Tiba di sana pukul 10.30 WIB lalu beristirahat sejenak untuk kemudian bersiap melakukan kunjungan ke sekolah yang dipandu oleh ibu kepsek Muji Rahayu, S.Pd. setiba di sekolah SDN 01 Pagi Satu Atap Pari kami sangat terkejut dengan sambutan yang begitu hangat dari siswa dan para guru, yakni disambut dengan tarian menyambut tamu yang diperagakan oleh murid-murid SMP dan SD. Mereka sangat senang sekolahnya dikunjungi.

Sekolah ini berdiri sejak tahun 1970. Untuk SD muridnya berjumlah 142 orang serta memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai. Ada yang unik dari nama sekolahnya yaitu SD-SMP Negeri Satu Atap di Pulai Pari, kenapa dibilang satu atapΒ  karena di pulau Pari tersebut hanya ada 1 bangunan sekolah yang memfasilitasi tiga jenjang pendidikan sekaligus, terdiri dari TK, SD, dan SMP dengan dipimpin oleh satu Kepsek. Agenda kbm mereka sama seperti sekolah negeri pada umumnya, yang membedakan adalah setiap hari Selasa pagi ada pembiasaan dalam bahasa Inggris, mungkin karena potensi wisata manca negara di Pulau Pari mulai terbuka, atau bisa juga untuk pembekalan masa depan anak-anak agar tidak kalah kemampuan bahasa Inggrisnya dari sekolah lain.

Kelebihan yang paling menonjol dari SDN 01 Pagi Pari ini adalah pemberdayaan sumber daya alam khas pulau, contohnya seperti rumput laut yang dibuat menjadi dodol, sukun yang diolah menjadi keripik, dan cangkang kerang yang dirakit menjadi kerajinan tangan unik nan cantik. Hasil kreatifitas para siswa ada dijual ke Sudin Pendidikan Wilayah 1 yang ada di Jakarta.

Meskipun di daerah pinggiran kota bahkan di pesisir laut, tapi semangat sekolah untuk berprestasi sangatlah tinggi terlihat dari banyaknya penghargaan, terbukti nyata melalui piala-piala yang terpajang di sana. Semangat yang tinggi tidak hanya dilihat pada muridnya tetapi juga gurunya dimana jika ada rapat dinas mereka berangkat sehari sebelumnya karena kapal tidak beroperasi setiap saat jadi mereka tidak akan melewatkan rapat penting tersebut.

Dari perjalanan studi banding ini keluarga SD Juara IPC mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga, mulai dari semangat guru dan murid disana yang pantang menyerah memperjuangkan sarana dan prasarana pendidikan yang diperoleh dengan perjalanan melelahkan menyeberang pulau, lalu pengetahuan tentang pengolahan sumber daya alam pulau, juga pemberdayaan limbah pantai menjadi kerajinan, kemudian ada kebudayaan yang tetap dilestarikan secara harmonis dengan kondisi masa kini, dan yang paling menarik dari semuanya adalah kegiatan enterpreneurship yang sangat kental tampak menggeliat dari sekolah pulau yang kecil ini, ibarat pepatah “kecil-kecil cabe rawit” Sekolah Satu Atap di Pulau Pari ini bisa membuat sekolah mana pun di kota besar yang sarana dan prasarananya lebih lengkap serta canggih menjadi terasa kecil belum ada apa-apanya.

Dan berkat penerimaan mereka yang hangat membuat studi banding kami kali ini bak perjalanan wisata yang menyenangkan, menimbulkan perasaan bahagia hingga lelah perjalanan pun terbayar. Dari kunjungan yang singkat namun sarat makna ini kami berharap semoga ke depannya SD Juara IPC bisa mengikuti jejak sekolah tersebut, bahkan harus bisa lebih berprestasi yang banyak lagi .

Semangat Juara !!! (Yulie)

Share this...
Print this page
Print
Categorised in:

No comment for Sharing Knowledge and Happiness

Leave a Reply